Capaian Pembelajaran
Fase D (Umumnya untuk Kelas VII, VIII dan IX SMP/MTs/Program Paket B)
Pada akhir Fase D, peserta didik memahami proses identifikasi makhluk hidup, sifat dan karakteristik zat, sistem organisasi kehidupan, interaksi makhluk hidup dengan lingkungannya, upaya mitigasi perubahan iklim, pewarisan sifat, dan bioteknologi di lingkungan sekitarnya. Mereka juga memahami pengukuran, gerak dan gaya, tekanan dan pesawat sederhana, konsep usaha dan energi, pengaruh kalor dan perubahan suhu, gelombang, gejala kemagnetan dan kelistrikan, pemanfaatan sumber energi listrik ramah lingkungan, posisi bulan-bumi-matahari, sifat fisika dan kimia tanah, serta penggunaan zat aditif dalam penyelesaian masalah yang dihadapi dalam kehidupan sehari-hari. Konsep-konsep tersebut memungkinkan peserta didik untuk menerapkan dan mengembangkan keterampilan inkuiri sains mereka.
Capaian Pembelajaran setiap elemen adalah sebagai berikut.
|
Elemen |
Capaian Pembelajaran |
|
Pemahaman IPA |
Peserta didik memahami proses identifikasi makhluk hidup sesuai dengan karakteristiknya; sifat dan karakteristik zat, perubahan fisika dan kimia, serta pemisahan campuran sederhana; sistem organisasi kehidupan, fungsi, serta kelainan atau gangguan yang muncul pada sistem organ; interaksi antar makhluk hidup dan lingkungannya dalam merancang upaya-upaya untuk mencegah dan mengatasi perubahan iklim; serta pewarisan sifat dan penerapan bioteknologi di lingkungan sekitarnya. Peserta didik melakukan pengukuran terhadap
aspek fisis yang mereka temui dan memanfaatkan ragam gerak dan gaya, tekanan,
serta pesawat sederhana. Peserta didik memahami hubungan konsep usaha dan energi, pengaruh kalor dan perpindahannya terhadap perubahan suhu, gelombang dan pemanfaatannya dalam kehidupan sehari-hari, gejala kemagnetan dan kelistrikan untuk menyelesaikan tantangan yang dihadapi dalam kehidupan sehari-hari termasuk pemanfaatan sumber energi listrik ramah lingkungan. Peserta didik mengelaborasikan pemahamannya mengenai posisi relatif bumi-bulan-matahari dalam sistem tata surya untuk menjelaskan fenomena alam dan perubahan iklim. Peserta didik memahami sifat fisika dan
kimia tanah dan menganalisis hubungannya dengan organisme, perubahan iklim,
serta pelestarian lingkungan. Peserta didik memiliki keteguhan dalam mengambil keputusan yang
tepat untuk menghindari zat aditif dan adiktif yang membahayakan dirinya dan
lingkungan. |
|
Keterampilan Proses |
Mengamati Peserta didik mampu melakukan pengamatan terhadap fenomena dan
peristiwa di sekitarnya dan mencatat hasil pengamatannya dengan memperhatikan
karakteristik objek yang diamati. Mempertanyakan dan Memprediksi Secara mandiri, peserta didik mampu mengidentifikasi pertanyaan yang dapat
diselidiki secara ilmiah dan membuat prediksinya. Merencanakan dan Melakukan Penyelidikan Peserta didik
mampu merencanakan dan melakukan langkah-langkah operasional untuk menjawab
pertanyaan. Peserta didik menggunakan alat bantu pengukuran untuk mendapatkan
data yang akurat dan memahami adanya potensi kekeliruan dalam penyelidikan. Memproses, Menganalisis Data dan Informasi Peserta didik mampu mengolah data dalam bentuk tabel, grafik, dan
model serta menjelaskan hasil pengamatan dan pola atau hubungan pada data.
Peserta didik mengumpulkan data dari penyelidikan yang dilakukannya, serta
menggunakan pemahaman sains untuk mengidentifikasi hubungan dan menarik kesimpulan
berdasarkan bukti. Mengevaluasi dan Refleksi Peserta didik mampu mengidentifikasi sumber ketidakpastian dan
kemungkinan penjelasan alternatif dalam rangka mengevaluasi kesimpulan, serta
menjelaskan cara spesifik untuk meningkatkan kualitas data. Mengomunikasikan Hasil Peserta didik mampu mengomunikasikan hasil penyelidikan secara
sistematis dan utuh yang ditunjang dengan argumen dan bahasa yang sesuai
konteks penyelidikan. |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar