Kamis, 01 Agustus 2024

Pertemuan Ke#1 MGMP IPA (Pemetaan CP, TP, ATP)


Berdasarkan hasil pertemuan MGMP IPA pada tanggal 31 Juli 2024 yang bertempat di MTS Nurul Ulum Candipuro maka didapatkan hasil pemetaan CP, TP dan ATP pada kurikulum merdeka yang terbaru adalah sebagai berikut :

Pemetaan CP bentuk Excel : Download

CP

TP

ATP

KELAS

Semester

1. Peserta didik memahami proses identifikasi makhluk hidup sesuai dengan karakteristiknya; sifat dan karakteristik zat, perubahan fisika dan kimia, serta pemisahan campuran sederhana; sistem organisasi kehidupan, fungsi, serta kelainan atau gangguan yang muncul pada sistem organ; interaksi antar makhluk hidup dan lingkungannya dalam merancang upaya-upaya untuk mencegah dan mengatasi perubahan iklim; serta pewarisan sifat dan penerapan bioteknologi di lingkungan sekitarnya.

1.1   Peserta didik memahami proses identifikasi makhluk hidup sesuai dengan karakteristiknya

1.1.1 memahami ciri- ciri makhluk hidup

7

Genap

1.1.2 fotosintesis

1.1.3 keanekaragaman variasi pada makhluk hidup, urutan takson, dan   kunci

1.1.4 klasifikasi makhluk hidup

1.2   Peserta didik memahami sifat dan karakteristik zat, perubahan fisika dan kimia, serta pemisahan campuran sederhana

1.2.1 Pengertian Materi dan  Zat

7

Ganjil

1.2.2 sifat-sifat zat

1.2.3 Perubahan wujud zat

1.3   Peserta didik memahami sistem organisasi kehidupan,

1.3.1 Sel

8

Ganjil

1.3.2 sel hewan dan sel tumbuhan

1.4   Peserta didik memahami fungsi, serta kelainan atau gangguan yang muncul pada sistem organ

1.4.1 sistem pencernaan

8

Ganjil

1.4.2 sistem ekskresi

1.4.3 sistem pernapasan

1.4.3 sistem peredaran darah

1.5   Peserta didik dapat memahami interaksi antar makhluk hidup dan lingkungannya dalam merancang upaya-upaya untuk mencegah dan mengatasi perubahan iklim

1.5.1 pola interaksi

7

Genap

1.5.2 simbiosis

1.5.3 predasi

1.5.4 kompetisi

1.6   Peserta didik dapat memahami pewarisan sifat dan penerapan bioteknologi di lingkungan sekitarnya

1.6.1 pembelahan mitosis dan meiosis

9

Ganjil

1.6.2 bioteknologi konvensional

1.6.3 bioteknologi modern

2.  Peserta didik melakukan pengukuran terhadap aspek fisis yang mereka temui dan memanfaatkan ragam gerak dan gaya, tekanan, serta pesawat sederhana. 

2.1 Peserta didik dapat melakukan pengukuran terhadap aspek fisis yang mereka temui

2.1.1 besaran pokok

7

Ganjil

2.1.2 besaran turunan

2.1.3 satuan baku

2.1.4 satuan tak baku

2.1.5 satuan SI

2.2 Peserta didik dapat melakukan pemanfaatan ragam gerak dan gaya, tekanan, serta pesawat sederhana

2.2.1 pengertian gerak

7

Ganjil

2.2.2 GLB dan GLBB

2.2.3 Gaya

2.2.4 tekanan zat padat cair dan gas

8

Genap

2.2.5 jenis-jenis pesawat sederhana

8

Ganjil

3  Peserta didik memahami hubungan konsep usaha dan energi, pengaruh kalor dan perpindahannya terhadap perubahan suhu, gelombang dan pemanfaatannya dalam kehidupan sehari-hari, gejala kemagnetan dan kelistrikan untuk menyelesaikan tantangan yang dihadapi dalam kehidupan sehari-hari termasuk pemanfaatan sumber energi listrik ramah lingkungan

3.1      Peserta didik memahami hubungan konsep usaha dan energi

3.1.1 pengertian usaha

8

Ganjil

3.1.2 hubungan usaha dan energi

3.2     Peserta didik memahami pengaruh kalor dan perpindahannya terhadap perubahan suhu

3.2.1 pengertian kalor

7

Ganjil

3.2.2 hubungan kalor dan suhu

3.2.3 perpindahan kalor

3.3     Peserta didik memahami gelombang dan pemanfaatannya dalam kehidupan sehari-hari

3.3.1 pengertian getaran

8

Genap

3.3.2 pengertian gelombang

3.3.3 pemanfaatan getaran dan gelombang dalam kehidupan sehari-hari

3.4     Peserta didik memahami gejala kemagnetan dan kelistrikan untuk menyelesaikan tantangan yang dihadapi dalam kehidupan sehari-hari termasuk pemanfaatan sumber energi listrik ramah lingkungan

3.4.1 pengertian kemagnetan

9

Genap

3.4.2 pengertian kelistrikan

3.4.3 pengertian hubungan kemagnetan terhadap kelistrikan

3.4.4 pemanfaatan listrik ramah lingkungan

4. Peserta didik mengelaborasikan pemahamannya mengenai posisi relatif bumi-bulan-matahari dalam sistem tata surya untuk menjelaskan fenomena alam dan perubahan iklim.

4.1     Bumi dan Tata Surya

4.1.1 Mendeskripsikan karakteristik masing - masing benda langit sebagai anggota tata surya

8

Genap

4.1.2 mendeskripsikan struktur lapisan bumi

4.1.3 mendeskripsikan dampak rotasi dan revolusi bumi

4.1.4 menjelaskan posisi relative bumi – bulan – matahari terhadap fenomena gerhana menganalisis dampak gerhana terhadap fenomena alam

5. Peserta didik memahami sifat fisika dan kimia tanah dan menganalisis hubungannya dengan organisme, perubahan iklim, serta pelestarian lingkungan.

5.1 Tanah dan Pelestarian lingkungan

5.1.1 mendeskripsikan pengertian tanah

9

Genap

5.1.2 menganalisis komponen penyusun tanah

5.1.3 mengenali organisme yang hidup di dalam tanah

5.1.4 menjelaskan peran tanah bagi kehidupan

6. Peserta didik memiliki keteguhan dalam mengambil keputusan yang tepat untuk menghindari zat aditif dan adiktif yang membahayakan dirinya dan linkungan.

6.1 Zat Aditif dan Adiktif

6.1.1 mendeskripsikan pengertian zat aditif dan zat adiktif

8

Genap

6.1.2 Mengenali golongan zat adiktif

6.1.3 mengelompokkan zat aditif dan berdasarkan sifatnya

6.1.4 menganalisis dampak atau pengaruh penggunaan zat aditif dan zat adiktif

6.1.5 menganalisis upaya pencegahan penyalahgunaan zat aditif dan zat adiktif terhadap kesehatan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Featured Post

MGMP SKI WILKER 3 DAN 4

PERTEMUAN MGMP SKI EDARAN NOTULEN 1.       Pembukaan ·       Rapat dimulai pukul 08.00 WIB dengan bacaan basmalah dipimpin oleh Ketua MGMP...

Popular Posts