|
CP |
TP |
ATP |
KELAS |
Semester |
|
1. Peserta didik memahami proses identifikasi
makhluk hidup sesuai dengan karakteristiknya; sifat dan karakteristik zat, perubahan
fisika dan kimia, serta pemisahan campuran sederhana; sistem organisasi
kehidupan, fungsi, serta kelainan atau gangguan yang muncul pada sistem
organ; interaksi antar makhluk hidup dan lingkungannya dalam merancang
upaya-upaya untuk mencegah dan mengatasi perubahan iklim; serta pewarisan
sifat dan penerapan bioteknologi di lingkungan sekitarnya. |
1.1 Peserta didik memahami proses
identifikasi makhluk hidup sesuai dengan karakteristiknya |
1.1.1 memahami ciri- ciri makhluk hidup |
7 |
Genap |
|
1.1.2 fotosintesis |
||||
|
1.1.3 keanekaragaman variasi pada makhluk
hidup, urutan takson, dan kunci |
||||
|
1.1.4 klasifikasi makhluk hidup |
||||
|
1.2 Peserta didik memahami sifat
dan karakteristik zat, perubahan fisika dan kimia, serta pemisahan campuran
sederhana |
1.2.1 Pengertian Materi dan Zat |
7 |
Ganjil |
|
|
1.2.2 sifat-sifat zat |
||||
|
1.2.3 Perubahan wujud zat |
||||
|
1.3 Peserta didik memahami sistem
organisasi kehidupan, |
1.3.1 Sel |
8 |
Ganjil |
|
|
1.3.2 sel hewan dan sel tumbuhan |
||||
|
1.4 Peserta didik memahami fungsi,
serta kelainan atau gangguan yang muncul pada sistem organ |
1.4.1 sistem pencernaan |
8 |
Ganjil |
|
|
1.4.2 sistem ekskresi |
||||
|
1.4.3 sistem pernapasan |
||||
|
1.4.3 sistem peredaran darah |
||||
|
1.5 Peserta didik dapat memahami
interaksi antar makhluk hidup dan lingkungannya dalam merancang upaya-upaya
untuk mencegah dan mengatasi perubahan iklim |
1.5.1 pola interaksi |
7 |
Genap |
|
|
1.5.2 simbiosis |
||||
|
1.5.3 predasi |
||||
|
1.5.4 kompetisi |
||||
|
1.6 Peserta didik dapat memahami
pewarisan sifat dan penerapan bioteknologi di lingkungan sekitarnya |
1.6.1 pembelahan mitosis dan meiosis |
9 |
Ganjil |
|
|
1.6.2 bioteknologi konvensional |
||||
|
1.6.3 bioteknologi modern |
||||
|
2. Peserta didik melakukan pengukuran
terhadap aspek fisis yang mereka temui dan memanfaatkan ragam gerak dan gaya,
tekanan, serta pesawat sederhana. |
2.1 Peserta didik dapat melakukan pengukuran
terhadap aspek fisis yang mereka temui |
2.1.1 besaran pokok |
7 |
Ganjil |
|
2.1.2 besaran turunan |
||||
|
2.1.3 satuan baku |
||||
|
2.1.4 satuan tak baku |
||||
|
2.1.5 satuan SI |
||||
|
2.2 Peserta didik dapat melakukan pemanfaatan ragam
gerak dan gaya, tekanan, serta pesawat sederhana |
2.2.1 pengertian gerak |
7 |
Ganjil |
|
|
2.2.2 GLB dan GLBB |
||||
|
2.2.3 Gaya |
||||
|
2.2.4 tekanan zat padat cair dan gas |
8 |
Genap |
||
|
2.2.5 jenis-jenis pesawat sederhana |
8 |
Ganjil |
||
|
3 Peserta didik memahami hubungan konsep
usaha dan energi, pengaruh kalor dan perpindahannya terhadap perubahan suhu,
gelombang dan pemanfaatannya dalam kehidupan sehari-hari, gejala kemagnetan
dan kelistrikan untuk menyelesaikan tantangan yang dihadapi dalam kehidupan
sehari-hari termasuk pemanfaatan sumber energi listrik ramah lingkungan |
3.1 Peserta
didik memahami hubungan konsep usaha dan energi |
3.1.1 pengertian usaha |
8 |
Ganjil |
|
3.1.2 hubungan usaha dan energi |
||||
|
3.2 Peserta didik
memahami pengaruh kalor dan perpindahannya terhadap perubahan suhu |
3.2.1 pengertian kalor |
7 |
Ganjil |
|
|
3.2.2 hubungan kalor dan suhu |
||||
|
3.2.3 perpindahan kalor |
||||
|
3.3 Peserta didik
memahami gelombang dan pemanfaatannya dalam kehidupan sehari-hari |
3.3.1 pengertian getaran |
8 |
Genap |
|
|
3.3.2 pengertian gelombang |
||||
|
3.3.3 pemanfaatan getaran dan gelombang dalam
kehidupan sehari-hari |
||||
|
3.4 Peserta didik memahami
gejala kemagnetan dan kelistrikan untuk menyelesaikan tantangan yang dihadapi
dalam kehidupan sehari-hari termasuk pemanfaatan sumber energi listrik ramah
lingkungan |
3.4.1 pengertian kemagnetan |
9 |
Genap |
|
|
3.4.2 pengertian kelistrikan |
||||
|
3.4.3 pengertian hubungan kemagnetan terhadap
kelistrikan |
||||
|
3.4.4 pemanfaatan listrik ramah lingkungan |
||||
|
4. Peserta didik mengelaborasikan pemahamannya
mengenai posisi relatif bumi-bulan-matahari dalam sistem tata surya untuk
menjelaskan fenomena alam dan perubahan iklim. |
4.1 Bumi dan Tata
Surya |
4.1.1 Mendeskripsikan karakteristik masing -
masing benda langit sebagai anggota tata surya |
8 |
Genap |
|
4.1.2 mendeskripsikan struktur lapisan bumi |
||||
|
4.1.3 mendeskripsikan dampak rotasi dan
revolusi bumi |
||||
|
4.1.4 menjelaskan posisi relative bumi – bulan
– matahari terhadap fenomena gerhana menganalisis dampak gerhana terhadap
fenomena alam |
||||
|
5. Peserta didik memahami sifat fisika dan
kimia tanah dan menganalisis hubungannya dengan organisme, perubahan iklim,
serta pelestarian lingkungan. |
5.1 Tanah dan Pelestarian lingkungan |
5.1.1 mendeskripsikan pengertian tanah |
9 |
Genap |
|
5.1.2 menganalisis komponen penyusun tanah |
||||
|
5.1.3 mengenali organisme yang hidup di dalam
tanah |
||||
|
5.1.4 menjelaskan peran tanah bagi kehidupan |
||||
|
6. Peserta didik memiliki keteguhan dalam
mengambil keputusan yang tepat untuk menghindari zat aditif dan adiktif yang
membahayakan dirinya dan linkungan. |
6.1 Zat Aditif dan Adiktif |
6.1.1 mendeskripsikan pengertian zat aditif
dan zat adiktif |
8 |
Genap |
|
6.1.2 Mengenali golongan zat adiktif |
||||
|
6.1.3 mengelompokkan zat aditif dan
berdasarkan sifatnya |
||||
|
6.1.4 menganalisis dampak atau pengaruh
penggunaan zat aditif dan zat adiktif |
||||
|
6.1.5 menganalisis upaya pencegahan
penyalahgunaan zat aditif dan zat adiktif terhadap kesehatan. |
Kamis, 01 Agustus 2024
Pertemuan Ke#1 MGMP IPA (Pemetaan CP, TP, ATP)
Berdasarkan hasil pertemuan MGMP IPA pada tanggal 31 Juli 2024 yang bertempat di MTS Nurul Ulum Candipuro maka didapatkan hasil pemetaan CP, TP dan ATP pada kurikulum merdeka yang terbaru adalah sebagai berikut :
Pemetaan CP bentuk Excel : Download
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Featured Post
MGMP SKI WILKER 3 DAN 4
PERTEMUAN MGMP SKI EDARAN NOTULEN 1. Pembukaan · Rapat dimulai pukul 08.00 WIB dengan bacaan basmalah dipimpin oleh Ketua MGMP...
Popular Posts
-
Program Kerja MGMP IPA Tahun 2024 1. Program Rutin Ø Penyusunan program kerja Ø Pemetaan CP dan penyusunan TP, ATP Ø ...
-
Berdasarkan hasil pertemuan MGMP IPA pada tanggal 31 Juli 2024 yang bertempat di MTS Nurul Ulum Candipuro maka didapatkan hasil pemetaan CP,...
-
Project Penguatan Profil Pelajar Pancasila yang biasa disingkat dengan PPPPP (P5) adalah pembelajaran lintas disi...
-
Edaran Berdasarkan hasil pertemuan MGMP SKI WILKER 3 DAN 4 pada Hari Rabu 21 Agustus 2024 yang bertempat di MTs Salafiyah Pandanwangi, maka...
-
Edaran Berdasarkan hasil pertemuan MGMP SKI WILKER 3 DAN 4 pada Hari Rabu 07 Agustus 2024 yang bertempat di MTs Nurul Islam Bades, maka di...
-
PERTEMUAN MGMP SKI EDARAN DAFTAR HADIR NOTULEN Jadwal pertemuan MGMP SKI Wilker 3 dan 4 1. Pembuatan Program 2. Pemetaan CP dan penyusunan T...
-
Berikut ini adalah kumpulan modul ajar mulai dari modul masa pandemi covid-19, modul pada smp terbuka dan yang terbaru modul ajar...
-
In House Training (IHT) - Penulisan Soal Asesmen Madrasah 2025 Lumajang – Pada hari Rabu s.d Kamis tanggal 22 s.d 23 Januari 2025 Kelompok ...
-
Pada Hari Sabtu tanggal 29 Juni 2024 bertempat di MTs Nurul Ulum Candipuro dilaksanakan Kegiatan Penyusunan Kurikulum Operasional Madrasah ...
-
Bahan Ajar adalah Segala bentuk bahan yang digunakan untuk membantu guru / instruktur dalam melaksanakan kegiatan belajar men...
Tidak ada komentar:
Posting Komentar