Musyawarah guru mata pelajaran (MGMP) Bahasa Indonesia adalah forum guru MTs yang di bentuk oleh setiap madrasah untuk mengembangkan mata pelajaran kemudian demi tercapainya tujuan pendidikan.
Tujuan MGMP Bahasa Indonesia
Tujuan MGMP Bahasa Indonesia MTs antara lain:
- Memperluas wawasan dan
pengetahuan guru dalam berbagai hal, khususnya penguasaan substansi materi
pembelajaran, penyusunan, memaksimalkan pemakaian sarana-prasarana
belajar, memanfaatkan sumber belajar.
- Memberi kesempatan kepada
anggota MGMP khususnya mata pelajaran Bahasa Indonesia untuk berbagi
pengalaman serta saling memberikan bantuan umpan balik.
- Meningkatkan pengetahuan dan
keterampilan serta mengadopsi pendekatan pembaharuan dalam pembelajaran
yang lebih professional bagi peserta MGMP.
- Memberdayakan dan membantu
anggota MGMP untuk melaksanakan tugas-tugas pembelajaran di madrasah.
- Mengubah budaya kerja anggota
MGMP Bahasa Indonesia berkaitan dengan peningkatan pengetahuan, kompetensi
dan kinerja serta mengembangkan profesionalisme guru melalui kegiatan
pengembangan profesionalisme di tingkat MGMP di madrasah.
- Meningkatkan mutu proses
pendidikan dan pembelajaran yang tercermin dari peningkatan hasil belajar
peserta didik.
- Meningkatkan kompetensi guru melalui kegiatan-kegiatan MGMP
Visi
Meningkatkan Profesionalisme Guru Madrasah Tsanawiyah khususnya mata pelajaran Bahasa Indonesia
Misi
Meningkatkan
Kompetensi Pedagogi, Kompetensi Kepribadian, Kompetensi Profesional, dan
Kompetensi Sosial.
Program Strategis
Untuk
mendukung visi dan misi MGMP Bahasa Indonesia, maka
beberapa program strategis yang menjadi prioritas, sbb.:
1. Memotivasi guru untuk bergabung dan
aktif dalam setiap kegiatan MGMP, khususnya Bahasa
Indonesia.
2. Melaksanakan kegiatan MGMP Bahasa
Indonesia melalui pola kerja, metode dan strategi yang
lebih baik.
3. Melakukan kegiatan-kegiatan yang
lebih intensif bagi peningkatkan kualitas dan profesionalisme guru.
4. Melakukan pendekatan terhadap
lembaga terkait, untuk lebih memperhatikan keberadaan MGMP Bahasa Indonesia.
5. Memberdayakan dan mengembangkan
potensi sumber daya guru secara berkelanjutan dalam mendukung kegiatan-kegiatan
MGMP Bahasa Indonesia.
6. Menjadikan MGMP Bahasa Indonesia sebagai pilar utama demi perkembangan organisasi profesi
guru dalam pembinaan profesionalisme guru.
7. Menjadikan MGMP Bahasa Indonesia sebagai percontohan dalam
kegiatan peningkatan profesi guru.
Program Inti
Program
inti MGMP Bahasa Indonesia adalah program-program utama
yang ditujukan untuk meningkatkan kualitas kompetensi dan profesionalisme guru.
1. Program rutin terdiri dari:
1.1. Diskusi permasalahan pembelajaran.
1.2. Penyusunan dan
pengembangan silabus, program semester, rencana program pembelajaran dan sistem
evaluasi.
1.3. Pendalaman materi.
1.4. Pelatihan terkait dengan penguasaan materi yang mendukung tugas mengajar.
2.
Program pengembangan
2.1. Penelitian, di antaranya Penelitian
Tindakan Kelas/Studi Kasus.
2.2. Penulisan Karya Ilmiah.
2.3. Seminar, lokakarya, kolokium (paparan hasil
penelitian), dan diskusi panel.
2.4. Pendidikan dan pelatihan berjenjang (diklat
berjenjang).
2.5. Penerbitan buku ber-ISBN, jurnal guru, dan
buletin MTs Kabupaten Lumajang.
2.6. Pembuatan dan pengembangan website MTs
Kabupaten Lumajang.
2.7. Lesson
study (suatu pengkajian praktik pembelajaran yang memiliki tiga komponen
yaitu plan, do, see yang dalam pelaksanaannya harus
terjadi kolaborasi antara pakar, guru pelaksana, dan guru mitra).
3.
Program penunjang
Program penunjang bertujuan untuk
menambah pengetahuan dan keterampilan peserta MGMP Bahasa Indonesia dengan materi-materi yang bersifat pendukung dan pelengkap.
3.1.
Pelatihan Pemanfaatan TIK untuk Pembelajaran.
3.2. Pelatihan membuat karya Media Pembelajaran Interaktif (MPI), misalnya (Ms.Power Point, video pembelajaran via youtobe, Adobe Flash, dan lain-lain).
Tidak ada komentar:
Posting Komentar